Minggu, 04 Juli 2010

Biaya Gadai Emas di BRI Syariah @ hargaemas.net

Saya baru tahu kalau ternyata biaya gadai emas di BRI Syariah biayanya sangat murah dibandingkan beberapa institusi perbankan lain yang juga menawarkan jasa gadai emas.

Ini juga info dari teman yang bilang biaya gadai emas di BRI Syariah sangat murah yaitu hanya Rp 3780 /gr perbulan sehingga saya yang hobi menggadai emas ini :mrgreen: bersegera untuk mendatangi kantor cab. BRI Syariah yang ada di kota padang.

Tanpa memperpanjang mukaddimah :wink: berikut detailnya jika kawan-kawan ada yang ingin menggadai emas di BRI Syariah :

Persyaratan :
KTP
Emas yang akan di gadai :mrgreen:

Biaya
- Administrasi saat menggadai dengan ketentuan sbb :

  1. Emas 2 gr s/d 50 gr –> Rp 12.500
  2. Emas 51 gr s/d 100 gr –> Rp 25.000
  3. Emas >100 gr –> Rp 50.000

- Penitipan yang nilainya Rp 3780 /gr perbulan

Jangka waktu pengembalian adalah 4 bulan

Perhitungan peminjaman
Perhitungan peminjaman di BRI Syariah di hitung per 10 hari, jadi dengan biaya perbulan /gr adalah Rp 3780 maka biaya per 10 hari adalah Rp 3780 : 3 = Rp 378 /gr (biaya penitipan untuk emas perhiasan lebih besar dibanding emas batangan).

Sekarang mari kita ambil contoh kasus yang saya alami

Saya menggadai emas batangan 24 Karat seberat 7,5 gr. Harga emas 7,5 gram saat itu dipasaran adalah Rp 2.490.000. untuk emas batangan BRI Syariah memberi taksiran 93 % dari harga emas. Tapi harga emas yang taksir biasanya lebih rendah 10 rb/gr dari harga pasaran. Jadi jika misalnya harga emas per gram dipasaran adalah Rp 330 rb maka BRI menghitung harga emas anda senilai Rp 320 rb (ini merupakan pengalaman saya menggadai emas di BRI Syariah Cab Padang)

  1. administrasi –> Rp 12.500
  2. Nilai pinjaman mak –> Rp 2.260.000
  3. Biaya penitipan 1 bulan –> Rp 28.350

Jadi jika saya menebus emas saya dalam 1 bulan maka jumlah yang harus saya bayar adalah Rp 2.260.000 + Rp 28.350 = Rp 2.288.350

Gimana kalau saya baru menebus emas tersebut dalam masa 4 bulan? ya berarti biaya penitipan diatas tinggal di kali aja dengan 4. Gampangkan? Tapi jangan sampai kelupaan nebus ya, nanti emas anda benar-benar tergadai ke orang lain alias di lelang :razz: karena saya lihat di surat gadainya emas akan dilelang 4 hari setelah jangka waktu 4 bulan berakhir.

Tapi kalau belum ada uang nebus emas yang tergadai caranya gimana ya? itu juga gampang. tinggal datang saja ke BRI Syariah dan memperpanjang perjanjian gadai emas tersebut dengan membayar biaya penitipan yang 4 bulan.

Biaya Gadai Emas di BRI Syariah @ hargaemas.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar